GioBlog Tips


Un itu bukanlah momok mematikan. Dulu saya bisa kok dapet nilai bagus di un sma. Kalau saya bisa kenapa kalian tidak bisa? Saya akan menerangkan sedikit tentang tips-tips sebelum menghadapi UN

  1. Persiapkan dari jauh hari.
    Ini penting jika kalian belajar materi un seminggu atau malah h-1 un itu akan sangat kacau. Persiapkanlah materi UN sejak 3-4 bulan sebelumnya.
  2. Belajar berkala
    Maksudnya cari waktu belajar yang sekiranya bisa membuat anda nyaman. Misalnya seperti ini, saya suka belajar pada waktu pagi hari, siang jam 2 , dan malam sekitar jam 7. Sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anda. Tapi kalau anda hanya ingin belajar sekali saja tidak apa, karena itu hak anda.
  3. Berlajar efektif
    Belajar efektif disini ialah setiap belajar kalian harus menguasai dan menuntaskan apa yang telah kalian pelajari. Jika tidak itu sama saja anda tidak mendapatkan apa-apa. Belajar efektif juga bisa dengan kala lamanya belajar. Jika anda lebih suka belajar hanya 20-30 menit, ya kenapa tidak, itu gaya belajar anda. Jika sekiranya cukup ya sudah. Jangan dipaksakan jika anda merasa lelah dan penat.
  4. Buat mood anda senang
    Ini cukup penting, anda harus memiliki mood yang senang dulu atau bahagia untuk belajar. Jika tidak anda akan kesulitan mencerna materi pelajaran yang sedang kalian pelajari.
  5. Jangan lupa refreshing
    Jika anda penat trus belajar disekolah, dirumah di les lesan, cari hal yang bisa anda lakukan untuk menyegarkan otak anda. Otak anda juga perlu penyegaran. Kalau saya pribadi dengan bermain game,bahkan h-3 un saya bermain game dulu agar mood saya senang. Walaupun setiap orang punya hal berbeda beda untuk dilakukan, itu fine fine saja dengan tujuan menyegarkan otak itu tadi.
  6. Banyak latihan soal
    Jika anda telah memahami hampir semua materi dari kelas 10 -12 mulailah berlatih soal setipe UN. Hitung hitung mencicil agar nanti tidak kaget jika menghadapi try-out. Kalau saya dulu sering latihan soal, jika saya lupa langsung saya cari di buku materi. Jika anda sudah sering menghadapi soal setipe UN saya yakin soal apa saja bisa anda lahap dengan gampang.
  7. Refresh materi
    Ini harus dilakukan jika anda mendekati hari-H UN. Anda butuh melakukan ini agar materi yang telah lama anda pelajari tidak hilang ditengah jalan. Dan jangan sekali kali menggunakan system menghafal materi. Gunakanlah system mengingat topik utamanya. Jika topik utamanya ingat pasti materi didalamnya akan teringat sendiri secara tidak langusng, karena itu adalah system kerja otak kita.
  8. Berdoa
    Treatment ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena jika jita mengabaikannya, perjuangan yang telah kita lakukan selama ini akan terbuang sia-sia. Berdoa setelah sholat fardhu. Memohon kepada tuhan yang maha esa agar dilancarkan un nya dan lain lain.
  9. Persiapkan alat dengan baik
    Cukup sepele tapi tidak bisa diabaikan karena jika alat-alat ujian anda tidak tersiapkan di hari-H un anda akan di tandai oleh pengawas ruangan yang biasanya killer. Persiapkan segala sesuatunya 1 hari sebelum UN. Meraut pensil hingga tingkat ketajamannya pas, menyiapkan penghapus karet.
  10. Jangan lupa teknis teknis ujian
    Ini penting kalian juga harus mengetahui teknis menghadapi lembar jawab computer atau jika sekolah anda sudah ikut ujian online , tolong perhatikan teknisnya dengan baik. Jika tidak bisa bisa nilai ujian kalian tidak keluar.

    Sepertinya itu saja yang bisa saya katakan. Semoga bermanfaat dan sukses mengahapi UN. Jangan lupa untuk terus bersyukur karena dengan bersyukur kita bisa terus menikmati nikmat tuhan sampai kapanpun, SALAM GIOBLOG. TERIMA KASIH

Komentar

Postingan Populer