GioBlog ngentang panas!


Hay para pembaca GioBlog story. Berjumpa lagi dengan tulisan gioblog kali ini. Pada kesempatan kali ini, gioblog akan memasak kentang panas. Jangan salah teman, di tulisan kali ini gioblog bukan sekedar memasak. Mau tau gioblog ngapain? Stay tune ya.

Gioblog akan memasak kentang panas. Eittt tunggu dulu sebelum mulai memasak, kita harus tahu apa itu kentang panas. Kentang panas atau Hot Potato (dalam bahasa inggris) adalah sebuah alat untuk membuat soal sederhana. Program Hot Potatoes terdiri atas enam program yang dapat digunakan untuk membuat materi pengajaran secara interaktif berbasis web. Dikembangkan oleh universitas victoria di canada. Kentang panas ini bisa diakses bebas untuk keperluan pendidikan. Berikut penjelasan singkat dari keenam program yang ada dalam kentang panas :


JQuiz, Program untuk menyusun materi latihan yang terdiri dari 4 jenis, anatara lain: Pilihan ganda (multiple-choice), short answer, Hybrid (Kombinasi dari pertanyaan multiple-choice dan short-answer) dan Multi-Select.

• JMix, (jumbled-sentence exercises) Program untuk membuat latihan menyusun kalimat

• JCross, (crossword puzzles) Program untuk menyusun materi dalam bentuk teka-teki silang

• JMatch, (matching or ordering exercises) Program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.

• JCloze, (gap-fill exercises) Program untuk menyusun latihan dalam bentuk “essai ompong” (fill in the blanks exercise).

• The Masher, Program yang didesain untuk me-manage beberapa isi latihan/soal dari 5 jenis program diatas dengan mengkompilasi beberapa jenis latihan di Hot Potatoes. Program The Masher masih berbayar. Dalam program ini anda dapat juga melakukan proses dan monitoring konten latihan langsung ke Server dari Hot Potatoes. 

Ini contoh soal yang telah Gioblog buat. Soal


Kelebihan kentang panas ini, bisa didownload ke dalam pc anda. Anda tidak perlu tersambung jaringan intenet untuk menggunakannya. Untuk tutorial membuatnya anda bisa buka ppt dibawah ini.



Kekurangan dari tool ini, hanya bisa digunakan didalam laptop atau komputer saja. Belum dikembangkan kedalam android atau Ios. Selain itu tool ini hanya menggunakan satu bahasa, yaitu bahasa inggris, belum dikembangkan dalam banyak bahasa.


Sekian review kali ini. Semoga  bermanfaat. Jangan lupa untuk terus bersyukur karena dengan bersyukur kita bisa terus menikmati nikmat Tuhan sampai kapanpun, SALAM GIOBLOG.
TERIMA KASIH.

Komentar

Postingan Populer